Perhatikan Ini! Tips Memilih Jurusan yang tepat saat daftar SNBT 2023

Memilih jurusan kuliah terkadang dihadapkan dengan dilema, terkadang banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih jurusan, entah itu karena tuntutan keluarga, dorongan dari sekolah, atau bisa karena peran serta teman-teman. 

Namun kesempatan lulus SNBT 2023 perlu kita usahakan ya Teman Lulusnegeri, jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari atau malah ngerasa jadi salah jurusan. 

Simak beberapa hal ini yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih jurusan sebelum mendaftar : 

Pelajari Peraturan tentang Memilih Prodi di SNBT 2023


Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 telah dibuka hingga 14 April 2023. Menariknya seleksi tahun ini berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya, dimana kamu boleh memilih jurusan dengan lintas jurusan.

Boleh Lintas Jurusan atau Prodi

Pada seleksi UTB/SNBT kamu bebas mimilih jurusan yang tidak linear dengan jurusan kamu saat di SMA/SMK/MA, caranya adalah dengan mengambil kelompok ujian nya yang sesuai jurusan tujuan, namun untuk tahun 2023 ini kamu tidak perlu mengambil kelompok ujian lagi karena kamu hanya diberikan ujian satu jenis untuk seleksi masuk perguruan tinggi.

Contohnya : Kamu merupakan lulusan dari SMA Prodi IPA maka kamu boleh memilih Prodi Ekonomi, Geografi atau Sastra. Begitupun sebaliknya, jadi kamu diberikan kebebasan dengan kemampuan dan minat dari kamu sendiri. Dikutip dari Sosialisasi Pendaftaran SNBT 2023 via Youtube SNPMB BPPP. 

Boleh Memilih Universitas yang berbeda dengan Domisili

Terkadang saat memilih jurusan, kita selalu bingung karena tidak semua Universitas memiliki jurusan atau prodi yang kita minati, maka peluang selanjutnya dalam memilih jurusan adalah saat ini kamu bisa memilih kampus di luar domisili kamu saat ini. 

Peluang kamu untuk lulus di jurusan yang kamu minati semakin besar, karena tidak menutup kemungkinan kamu bisa diterima di Universitas yang terbaik .

Boleh Memilih Prodi Sarjana dan Diploma

Kesempatan yang bisa kamu maksimalkan adalah kamu diberikan kesempatan untuk memilih prodi dari dua jenis. Misalnya pilihan pertama kamu ingin Diploma dan pilihan 2 Sarjana, hal itu diperbolehkan mengingat tahun ini sebesar 139 pendidikan tinggi yang terdiri atas 76 PTN, 43 Politeknik Negeri, serta 18 PTKIN membuka jalur SNBT 2023.

Artikel Lainnya : Jurusan Kuliah Pilihan di Era Digital

Mengenali Potensi Diri

Peluang kamu lulus SNBT 2023 sangat besar, mengingat jika melihat peraturan tahun ini yang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Kamu diberikan kebebasan untuk memilih jurusan yang sreg dengan kemampuan kamu sendiri, jadi bukan lagi alasan yang penting masuk Universitas Negeri. 

Maka dari itu, sebelum memilih jurusan pastikan kamu mengenali potensi diri kamu sendiri karena hal ini akan menentukan dari kualitas kamu dalam belajar dan membantu kamu dalam mengejar cita-cita kamu. Gimana? sangat menyenangkan bukan bisa berkarir pada bidang yang kita paling suka?

Kamu bisa menggunakan tes potensi online gratis dan jawab dengan jujur, lalu kamu bisa kombinasikan dengan apa yang kamu mahir saat ini. Hal ini agar kamu bisa mendapatkan gambaran tentang siapa diri kamu. 

Pilih Program Studi yang Sesuai Profilmu

Untuk mendapatkan data profil yang tepat, biasanya kamu bisa menggunakan nilai dari Try Out atau simulasi lainnya, dengan data yang ada pada simulasi itu kamu bisa mengukur seberapa kuat kemampuanmu pada bidang-bidang tersebut. 

Jika kamu belum pernah mencoba Try Out, kamu bisa coba simulasi di Battlefield Lulusnegeri untuk bisa dapetin data kemampuan kamu. 

Selain itu cari tahu passing grade dari setiap kampus, karena biasanya mereka memiliki passing grade yang berbeda sesuai dengan reputasi kampus mereka.  

Artikel Apa kata Alumni? : Dokter Hewan Bukan Dokter Biasa 

Kepoin Pesaing Calon Mahasiswa Lain

Dalam sebuah pertempuran agar kita bisa memenangkannya adalah dengan mengenali musuh, meskipun hal ini sepele tapi kamu pun perlu cari tahu teman-teman kamu memilih jurusan mana saja. Jika kamu lemah dibidang itu, maka kamu perlu cari alternatif lainnya. 

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan dalam memantau pesaing kamu, pada Battlefield Lulusnegeri kamu bisa memantau pergerakan dari pesaing kamu dengan cara melihat Badge Point yang mereka kumpulkan. 

Tetap Optimis

Meskipun berat tapi kamu perlu optimis dengan perjuanganmu, apa yang kamu usahakan saat ini semoga dapat membuahkan hasil. Lalu berdoa dan minta restu kepada orang tua agar kamu bisa diberikan jalan yang terbaik, lalu berserah atas hasil apa yang akan didapatkan nanti.

Semangat ya!

Jadi itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih jurusan kuliah saat UTB/SNBT tahun 2023, semoga kamu bisa terus berlatih dan tidak patah semangat untuk mengejar cita-cita kamu.


Kategori: