Tertarik Jadi Rimbawan? Yuk Kenalan dengan Kehutanan UGM Dulu..

Halo kawan lulusnegeri! Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan bahagia, ya.

Perkenalkan, saya Alfan dari Kehutanan UGM 2020. Omong-omong, apakah kawan lulusnegeri sudah tahu banyak mengenai program studi Kehutanan UGM? Kalau belum, simak artikel ini baik-baik ya.

Pertama, kenapa orang tertarik untuk masuk Kehutanan kak? Banyak pertanyaan dari kawan-kawan yang berbunyi demikian. Jawaban dari pertanyaan itu bisa sangat beragam, tapi tidak mustahil juga ada beberapa motivasi yang mirip bahkan sama. Saya sendiri termotivasi untuk masuk Kehutanan karena memiliki ketertarikan terhadap hal-hal mengenai hutan dan cara menjaga paru-paru dunia ini. Sederhana, dari suka untuk menjaga.

Kedua, mata kuliah di Kehutanan apa saja kak? Nah, tentu saya tidak bisa menyebutkan mata kuliahnya satu per satu karena memang banyak dan berbeda di tiap semesternya. Untuk itu saya berikan gambarannya saja. Kehutanan mempelajari semua bidang untuk mengelola dan meneliti hutan, seperti biologi hutan, matematika dan statistika hutan, ekologi hutan, dendrologi, ilmu tanah, klimatilogi dan hidrologi, dan lainnya. Selain itu, seperti yang sudah dilalui di SMA yaitu praktikum. Tidak semua mata kuliah mengadakan praktikum, hanya yang tertentu semisal ilmu tanah dan statistika.

Ketiga, bagaimana lingkungan belajar di Kehutanan? Satu kata, mendukung. Lingkungan fakultas Kehutanan sangat mendukung para mahasiswanya untuk belajar dengan nyaman. Selain dilengkapi laboratorium dan peralatannya, Kehutanan UGM juga memiliki student co-working space yang singkatnya adalah tempat „nugas‟ para rimbawan muda berbentuk seperti bahtera Nabi Nuh. Suasana yang sejuk karena ditumbuhi pohon-pohon rindang, juga oksigen segar dari arboretum (hutan penelitian) di fakultas Kehutanan tentu akan menambah kesan dalam proses berdinamika para rimbawan muda.

Tidak hanya arboretum, Kehutanan UGM juga memiliki hutan pendidikan „Wanagama‟ di Gunung Kidul yang juga terdapat museum kayu di dalamnya. Intinya, jika kamu masuk kehutanan dapat dipastikan kamu akan keluar-masuk dari hutan satu ke hutan lainnya.

Selanjutnya, kalo gitu skill apa yang berguna untuk masuk Kehutanan kak? Berbicara keahlian untuk masuk kehutanan sebenarnya tidak terlalu genting. Dalam artian, asalkan kamu punya tekad yang kuat, pasti ada jalan untuk mengikuti perkuliahan di Kehutanan. Tapi jawaban yang demikian tentu tidaklah memuaskan.

Baiklah, kemampuan khusus yang baik (bukan harus) dimiliki untuk masuk Kehutanan ialah kejujuran. Masih tidak memuaskan bukan? Ini bukan soal klise, akan ada masanya penyesalan terhadap ketidak jujuran diri sendiri. Maka dari itu, jujur terlebih dahulu kepada diri sendiri dan orang sekitar agar penyesalan tidak akan datang di masa depan. Iya... iya... kemampuan yang diperlukan tentu saja dalam bidang sains terutama ilmu yang mempelajari makhluk hidup atau dalam lingkup sempitnya biologi.

Terakhir, terus kalau nanti lulus kerja apa kak? Prospek kerja lulusan Kehutanan di masa sekarang sangat beragam, seperti KLHK, Peneliti, Pengusaha (hasil hutan), Taman Nasional, dan masih banyak lagi. Jadi, tak perlu khawatir soal kerja apa. karena rejeki gak akan tertukar.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Prodi Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Semoga bermanfaat bagi kawan lulusnegeri ya! Atas kekurangan penulis pribadi mohon maaf. Sampai jumpa di Kehutanan UGM calon Rimbawan Muda. Salam!



Kontributor Lulusnegeri,

Alfan

Kategori: