UTBK 2023, Siapa takut!

Soal UTBK 2023, sudah familiar dengan soal-soal UTBK terbaru ini?

Hai #TemanLulusnegeri

Gak kerasa ya UTBK ini semakin dekat, gimana persiapannya menghadapi UTBK-SNBT 2023? Sudah mantap atau masih bingung?  atau malah belum tahu gimana sih sebenernya sistem UTBK itu? Kenapa sih ini penting banget buat kita bahas? Check this out!

UTBK-SNBT merupakan medan tempur para pejuang PTN. Oleh karena itu, kita harus paham banget arena tempur kita itu seperti apa dan strategi yang paling pas untuk memenangkan pertempuran ini gimana sih?

Pertama, soal UTBK tahun ini sangat berbeda dengan soal-soal UTBK pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan pemerintah mengubah materi tes yang semula terdiri dari kelompok Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) menjadi Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Literasi, dan Tes Penalaran Matematika. Sudah pasti tahun ini kamu akan bertemu dengan soal-soal yang jauh berbeda dari yang pernah ada di UTBK.

Kedua, sistem penilaian di UTBK menggunakan sistem penilaian IRT, yang mana setiap butir soalnya akan diperhitungkan. Buat yang belum tahu IRT sistem penilaiannya seperti apa bisa langsung cek disini 

Ketiga, sistem waktu di UTBK menggunakan sistem blocking time, apa itu? Setiap subtes di UTBK memiliki alokasi waktu masing-masing. Jika alokasi waktu satu subtes sudah habis kamu baru bisa melanjutkan ke subtes berikutnya. Sistem waktu ini bertujuan agar kamu bisa mengerjakan soal dengan sebaik mungkin dalam durasi waktu yang telah ditentukan dan tidak bisa kembali ke subtes sebelumnya ataupun melewati suatu subtes untuk lompat ke subtes selanjutnya. Sehingga kamu harus bisa mengatur strategi agar bisa mengerjakan soal dengan semaksimal mungkin.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan Tryout UTBK-SNBT. Kenapa melakukan Tryout UTBK-SNBT itu penting?

1. Mempersiapkan diri dan mental

Melalui Tryout UTBK-SNBT kamu bisa mengetahui bagaimana bentuk soal-soal UTBK, menguji pengetahuan dan pemahaman materi yang sudah kamu pelajari, serta mengetahui dan merasakan sistem yang akan digunakan saat UTBK, dengan begitu kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

2. Membuat strategi belajar yang tepat

Tryout UTBK-SNBT membantu kamu menemukan strategi belajar yang paling tepat, dengan mengetahui teknik untuk memecahkan masalah, metode untuk menyelesaikan soal dengan cepat dan efisien karena waktu kamu di setiap subtes sangat terbatas. Dengan mengetahui semua hal tersebut kamu dapat membuat pola belajar yang tepat pasca pelaksanaan Tryout UTBK untuk meningkatkan penguasaan materi kamu.

3. Evaluasi kesiapan

Hasil dari Tryout UTBK-SNBT membantu kamu untuk mengevaluasi sejauh mana kesiapan kamu dan ketercapaian target yang sudah kamu tentukan di awal. Dari sini kamu bisa melihat materi-materi yang perlu kamu tingkatkan lagi sebelum menghadapi tryout berikutnya. Salah satu caranya dengan latihan soal pada materi-materi yang ingin kamu kuasai.

Kemudian, sebelum kamu melakukan finalisasi pilihan jurusan, kamu bisa evaluasi pencapaian target selama ini berdasarkan nilai-nilai Tryout UTBK-SNBT yang sudah kamu kerjakan. Apakah pilihan universitas dan jurusan kamu sudah tepat atau pilihan tersebut harus diubah menjadi lebih realistis agar memperbesar peluang kamu diterima di PTN.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Dengan rangkaian strategi yang kamu rancang dan lakukan, hasil Tryout UTBK-SNBT yang sudah kamu raih dapat meningkatkan kepercayaan diri agar merasa lebih yakin dan siap saat menghadapi UTBK-SNBT nantinya.


Dengan demikian, Tryout UTBK-SNBT sangat penting untuk memastikan bahwa kamu sudah siap menghadapi UTBK-SNBT dengan strategi dan persiapan terbaik yang telah kamu lakukan. So, saat ini persiapan kamu sudah sejauh mana? Yuk Tryout UTBK-SNBT di lulusnegeri.com kamu bisa mencoba tryout dengan sistem blocking time dan materi soal terbaru yang disesuaikan dengan framework panitia SNPMB-BPPP.


Kontributor Lulusnegeri,

Lulusnegeri, Temannya Pejuang PTN


Kategori: