Tertarik dengan Event Organizer? Coba Cek Jurusan MICE ini deh...

Hallo Teman Lulusnegeri...

Perkenalkan Kami Fadya, Marisa, dan Niki, Kami adalah mahasiswa MICE Politeknik Negeri Jakarta.

Masih ada yang belum tau jurusan ini? Yuk simak pemaparan kami tentang MICE...

Salah satu tugas atau pekerjaan yang membuat kami tidak merasa lelah adalah saat menjadi panitia acara sekolah. Kami merasa program studi MICE sangat cocok dengan skill, kepribadian, serta kemampuan kami.

PNJ salah satu perguruan tinggi yang mempunya program studi MICE, dan ketika kami melangkahkan kaki kami untuk memilih perguruan tinggi dan program studi merasa percaya diri dan tempat yang tepat untuk berkembang.

MICE itu apa sih? Apa saja yang dipelajari?

MICE sendiri merupakan akronim dari Meeting, Incentive, Convention and Exhibition, namun ada pula satu elemen yang tidak disebutkan namun masuk juga ke dalam bagian MICE yaitu Special Event.

Apa saja sih yang termasuk ke dalam special event?

Yaitu seperti konser, wedding, gathering dan lainnya. Tentu nya mata kuliah yang dipelajari akan sangat berhubungan langsung dengan unsur yang telah disebutkan diatas. Segala hal yang dipelajari akan memiliki impact yang besar dalam management event. Seperti pengantar 5 unsur MICE (meeting, incentive, convention, exhibition dan special event), akuntansi, komunikasi bisnis, design graphic, 3 bahasa asing (Bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang), dan lain sebagainya.

Seluruh mata kuliah yang dipelajari akan berdampingan dengan praktiknya. Karena pada dasarnya sistem pembelajaran politeknik pun lebih mengutamakan praktik dibandingkan teori saja.

Setiap mahasiswa MICE akan praktik secara langsung mengelola sebuah event bersama dan skala yang dibuat pun bukan sekedar skala kecil. Akan selalu megah dan mengutamakan kreativitas agar selalu melatih skill dan pengalaman mahasiswa nya.

Terus, gimana lingkungan perkuliahannya?

Program studi MICE telah dikenal sebagai prodi tanpa senioritas. Karena disetiap angkatan akan selalu bekerja dan saling ikut serta dalam suksesi event yang dibuat untuk tugas praktik. Maka dari itu, sangat dihindari sistem senioritas dalam program studi ini. Bahkan biasanya, yang selalu diutamakan adalah junior nya loh hingga ada sebutan junioritas. Karena senior lah yang menjadi tameng ketika junior sedang mengalami kesulitan dalam pembuatan sebuah event.

Setiap mahasiswa MICE dituntut untuk selalu menjalin solidaritas yang kuat, agar kedepan nya dalam mengelola sebuah event akan menjadi satu kesatuan yang kuat. Karena management event sangat butuh rasa kekeluargaan untuk saling menerima agar event yang dikelola tidak mengalami cacat sedikitpun.

Skill apa sih yang diperlukan?

Untuk berada dalam suatu event pastinya akan menggunakan komunikasi yang baik, skill public speaking sangat digunakan di bidang ini. Menjadi humble terhadap audience maupun clients dan juga tidak gugup dan percaya diri saat berbicara dengan publik. Untuk skill public speaking inipun tetap berguna walaupun berada di Divisi Keuangan dalam suatu event.

Menjalankan suatu event tentu saja harus direncanakan sebaik mungkin dengan zero mistake. Para lulusan MICE ini harus dipastikan untuk perhatian terhadap setiap detail, cekatan, dan juga problem solver. Bekerja dalam bidang MICE juga harus bisa tenang dan memutuskan keputusan dengan cepat, menjadi problem solver dipadu dengan ide-ide kreatif. Menjadi seorang kreatif sangat diperlukan dalam dunia event. Para event planner biasanya dituntut untuk kreatif, dan yang perlu diketahui bahwa kreatif bukan bakat karena sejatinya setiap masing-masing individu mempunyai kreativitasnya masing-masing. Lulusan MICE tidak mengenal lelah karena terkadang membuat para team harus menggunakan jam tidurnya yang akan digunakan untuk menyelesaikan tugasnya.

Menguasai bahasa asing menjadi nilai plus. Terkadang event tidak hanya dibuat dalam negeri saja, adapun dengan skala internasional. Multitasking juga menjadi skill yang diperlukan dalam bidang MICE.

Bagaimana prospek kerjanya?

MICE saat ini menjadi peluang yang sangat besar untuk indonesia maupun negara-negara lainnya. Segudang profesi dalam bidang ini dengan universitas yang telah siap memberikan lulusan MICE untuk hadir dan berpartisipasi dalam industri MICE ini.

Paling umum biasanya lulusan MICE bisa menjadi pebisnis dengan cara membuka atau membuat event organizer sendiri. Jika tak ingin menjadi pebisnis dan tetap ingin berkarir dalam dunia

event, bisa juga menjadi event planner, event marketing, event coordinator.

PCO (Professional Conference Organizer) juga membutuhkan lulusan yang expert di bidang MICE, dan juga PEO (Professional Exhibition Organizer).

Lulusan MICE juga bisa bekerja dalam industri pariwisata, Biro Perjalanan Wisata maupun Perhotelan. Tidak menutup kemungkinan pula bila para lulusan MICE bekerja di bank, menjadi pebisnis dan yang lain-lainnya.

MICE saat ini menjadi peluang yang sangat besar untuk indonesia maupun negara-negara lainnya. Paling umum biasanya lulusan MICE bisa menjadi pebisnis dengan cara membuka atau membuat event organizer sendiri.

Sekarang udah kenal kan dengan Prodi MICE, menarik yaa…



Kontributor Lulusnegeri,

Fadya Rachma, Marisa Amelia Ranchani, Niki Ananda Hestiqomah


Kategori: