Teknik Metalurgi, Tidak Belajar Logam Saja Loohh

Teknik Metalurgii?? Apasii?? Masih belum familiar yaa jurusannya.

Hallo semuanyaa, Salam kenall, nama aku Alvin Sains Ilhami Ahmada. Aku biasa dipanggil Alvin. Aku sekarang merupakan mahasiswa Teknik Metalurgi ITB Angkatan 2018. Menjadi salah satu mahasiswa ITB, yang biasanya orang orang menyebut Institut Terbaik Bangsa, ini merupakan salah satu impianku sejak kecil. Aku dulu awalnya tidak terpikirkan sedikitpun untuk masuk ke Teknik Metalurgi, melainkan dulu aku memimpikan untuk masuk ke jurusan Teknik Perminyakan. Lalu, kenapa bisa berubah pikirann???

Dulu, aku ingin banget masuk Teknik Perminyakan ITB, namun seiring berjalanannya waktu, aku menjadi bimbang dengan pilihanku sendiri. Hal ini banyak dipengaruhi oleh berita – berita yang beredar tentang harga minyak yang fluktuatif dan cadangan minyak yang semakin menipis. Namun, tiba tiba saat pelajaran kimia kelas 12 bab kimia organik dan pengolahan logam, aku sangat tertarik untuk mempelajari lebih dalam.

Setelah itu, aku sering mencari informasi tentang ilmu ini, mulai dengan jurusan apa yang belajar ilmu ini, dan sampai prospek kedepannya. Alhasil, aku menemukan jurusan Teknik Metalurgi dan kebetulan di ITB pun satu fakultas dengan Teknik Perminyakan, sehingga pada tahap pertama kuliah nanti aku bisa meyakinkan pilihanku ini.

Sekarang kita masuk ni ke pembahasan Teknik Metalurgi.

Apa sih Teknik Metalurgi? Teknik Metalurgi merupakan salah satu bidang ilmu yang menggunakan prinsip fisika, matematika, kimia, dan proses engineering untuk menjelaskan fenomena proses pengolahan mineral dan batubara. Teknik Metalurgi ini mempelajari tentang proses pengolahan logam dari hulu sampai hilir, seperti proses ekstraksi logam, pembuatan paduan, fenomena kegagalan logam, korosi pada logam, daur ulang logam dan masih banyak lagi. Oiyaa, di Teknik Metalurgi ini bukan hanya belajar tentang logam saja, tapi di Teknik Metalurgi ini kita juga belajar tentang batubara dan mineral non logam.

Luas banget kann keilmuan metalurgi ini?? Lantas bagaimana kak tentang lingkungan perkuliahannya? Untuk lingkungan perkulihannya di Teknik Metalurgi ini sangat seruu dan dijamin engga bakal bosen, karena di Teknik Metalurgi ini kita belajar tentang ilmu praktis jadi bisa langsung diterapkan, di Teknik Metalurgi ini kita setiap semester pasti ada praktikum yang sangat seruu.

Di Teknik Metalurgi ini tidak ada skill khusus yang harus dimiliki lohhh, karena di Teknik Metalurgi ini kita bener bener belajar dari awal bagaimana prosesnyaa, namun jika temen – temen tertarik di Teknik Metalurgi ini, temen temen sebisa mungkin buat seneng dulu tentang kimia, tentang reaksi kimia, karena di Teknik Metalurgi ini kita banyak membahas tentang itu.

Lantas gimana prospek kerja nyaa?? Prospek kerjanya sangat luas bangettt, bisa dibilang selagi manusia butuh logam, maka Teknik Metalurgi pasti dibutuhkan. Apalagi sekarang masih booming-booming-nya tentang mobil listrik. Nah, lulusan Teknik metalurgi sangat dibutuhkan tu di proyek mobil listrik ini, karena hanya lulusan Teknik Metalurgi lah yang bisa mengolah logam yang dibutuhkan untuk bahan dasar mobil listrik ini. Jadi kalau bisa aku rangkum, lulusan Teknik Metalurgi ini dapat bekerja di :

1. Perusahaan pertambangan, seperti PT Freeport, PT Aneka Tambang.

2. Perusahaan ekstraksi dan peleburan logam, seperti PT Smelting, PT Inalum.

3. Perusahaan besi baja, seperti PT Krakatau Steel.

4. Industri manufaktur, seperti industri otomotif, penerbangan, kereta api, perkapalan, dan pengecoran logam.

5. Perusahaan Perminyakan dan Gas, sebagai coorosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst.

6. Perdagangan dan pemarasan bahan logam

7. Tenaga peneliti, dosen pergurusan tinggi, tenaga konsultan, dan pemerintahan.




Kontributor Lulusnegeri,

Alvin Sains Ilhami Ahmada

Kategori: