Santai Aja! Kalau JODOH Gak Akan Kemana

Menjemput "jodoh" kampus impian 

 

Wah kok ada singgung-singgung jodoh ? Kami kan masih mau kuliah Min

Hahaha tenang, Jodoh disini maksudnya kampus yang menjadi jodoh kalian untuk kuliah nantinya. Jadi jangan baper yah. Oke sebelum kita bahas lebih lanjut untuk mendapatkan jodoh kampus kalian, kalian harus menempuh serangkaian tes atau ujian. Nah maka dari itu kita harus “Santai aja” dalam menghadapi  ujian itu. 

Lhoh, kok santai aja sih min ?? orang-orang lain kan pada giat sekali belajar, kok mimin malah ngasih saran “Santai aja” sih ?

Jadi jangan salah paham yah definisi santai aja yang mimin maksud disini bukan berarti kamu harus leha-leha dalam menghadapi ujian masuk kampus nanti. Tetapi disini mimin mau mengubah persepsi kamu terhadap ujian, yang mana pasti berpikir ujian itu menyeramkan, ujian itu bikin stress, atau ujian itu susah banget. Kamu diharuskan mempersiapkan diri melalui materi dan latihan yang tidak sedikit. Begitupun ujian masuk perguruan tinggi, tidak hanya materi soal yang harus kamu kuasai, persaingan yang ketat di program studi yang kamu mau pun menjadi hal yang kamu pikirkan.  Belum lagi hasil Try Out yang tidak sesuai ekspektasi kadang bisa membuat kita menjadi demotivasi dalam menghadapi ujian nanti.

Kemudian apa hubungannya dengan santai aja dengan ujian ? merujuk pada fenomena diatas artinya kita harus  berada dalam kondisi yang dapat menyadari kemampuan kita dan tidak merasa menjadi yang paling tidak beruntung atau yang paling tidak berguna atau paling bodoh, atau bahkan menyerah dalam mengerjakan soal tersebut.  Berikut ini Mimin mau share apa saja sih yang bisa kamu lakukan supaya “Santai aja” menjelang ujian.  

Check these out!

1. Gunakan metode belajar yang efektif

Lah apa hubungannya metode belajar efektif sama Santai aja min ? ada dong

Kamu harus cerdas dalam memanfaatkan waktu belajar, agar belajar sedikit tapi efektif. Agar tidak mudah jenuh gunakan cara belajar dengan interval. Semisal kamu bisa belajar selama 20 sampai 50 menit lalu diikuti dengan istirahat sekitar 5 hingga 10 menit. Selain itu, disadari atau tidak menulis kembali hal yang sudah kamu pelajari dengan tulisan tangan sendiri dapat membantu kamu mempertahankan informasi yang telah kamu pelajari. Jangan lupa kamu perlu membuat jadwal rutin belajar dengan baik agar tidak kelelahan memikirkan ujian secara terus menerus. 

Nah, kamu jadi punya waktu luang untuk mengerjakan hal lain bukan ?

2. Cari tempat belajar alternatif

Sudah terbiasa belajar di kamar? Atau di perpustakaan?

Kamu bisa mencari tempat lain untuk mencari suasana baru dan tentunya membuat kamu nyaman dalam belajar. Cara ini bisa membuat pikiran kamu lebih fresh.

3. Menghargai diri sendiri

Kamu perlu menghargai dirimu sendiri atas pencapaian yang kamu dapatkan baik hasilnya memuaskan atau tidak. Dalam hal ini berarti kamu harus menghargai pencapaian kamu dalam mengerjakan Try Out. Kamu harus memiliki “Me Time” setelah berpusing-pusing ria agar terhindar dari stress yang berlebih baik sebelum menghadapi ujian maupun setelah melaksanakan ujian.

4. Olahraga itu penting

Berdasarkan hasil penelitian, olahraga sangatlah penting sebelum menghadapi ujian. Ketika kamu berolahraga bisa memberikan oksigen dan nutrisi ke otak. Tidak hanya itu berolahraga bisa mencegah stres. Sehingga pada saat kamu berolahraga bisa menjadi salah satu waktu kamu untuk bersantai. Jadi yuk kita rajin berolahraga

5. Menjaga Pola Makan

Tidak cukup berolahraga saja, menjaga asupan makanan juga sangat penting bagi tubuh kita. Hindari makanan yang tidak sehat dan jangan terlalu sering memakan gorengan. Perbanyaklah minum air putih dan dianjurkan juga untuk meminum susu. Berdasarkan penelitian susu dapat berfungsi untuk menurunkan tingkat stress dan juga dapat menurunkan hormon adrenalin kita. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi ini sangat dianjurkan karena tubuh kamu memerlukan energi yang cukup besar untuk berpikir dalam menjawab soal-soal. jika memang diperlukan kamu pun dapat mengonsumsi vitamin

6. Istirahat yang cukup

Jika kamu merasa lelah, tandanya sudah saatnya kamu beristirahat. Jangan memaksakan untuk terus belajar. Pikiranmu membutuhkan relaksasi, bisa dengan melakukan hal-hal yang cukup membuat kamu bahagia dan rileks. Menonton film yang menghibur, membaca buku dengan topik yang ringan, atau hanya sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar. Gunakanlah waktu luangmu dengan sebaik-baiknya. Selain itu menjaga pola tidur pun sangatlah penting,

7. Jangan Cemas

Kamu mungkin merasa khawatir ketika mengingat materi-materi ujian yang akan kamu hadapi, apalagi tahun ini hanya TPS saja. Banyak banget yang mengeluh duh PBM bet dah atau Yaa ampun ini soal PPU ngajak ribut, gimana nanti pas ujian ??

Kamu harus tahu ketika kamu panic saat akan menghadapi ujian  tidak akan membawamu kepada kebaikan bahkan bisa membuatmu jatuh dan tidak bersemangat. Sebagai contoh lainnya, ketika kamu merasa mules sesaat sebelum ujian ini bisa jadi dikarenakan stress yang terlalu berlebihan yang kamu alami. Kamu hanya perlu melakukan segala usaha dengan sebaik mungkin, buang jauh rasa cemas dan jangan lupa berdoa. Maka kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan usahamu, coba atur pernapasanmu agar lebih tenang dan jangan lupa berdo'a yaa

Ujian sudah di depan mata, seberapa siap kamu ?

Bersantai dalam menghadapi ujian ini akan sangat membantu kamu dalam menjaga kesehatan pikiran kamu, yang harus kamu perhatikan. Buat teman-teman yang sudah follow IG kita @lulusnegeriofficial, Mimin pernah share “penting gak sih menurut kalian mental health ??” Nah, Tema artikel di atas adalah jawaban dari pentingnya mental health sebelum kita ujian dan gimana sih supaya tetap tenang menjelang ujian. Semoga bermanfaat teman lulusnegeri. 

Kontributor Lulusnegeri



Kategori: