Bakat Personality Sang Sosialis

Hei Sobat Lulus Negeri!

Pernahkah kamu bertemu dengan orang yang sangat ramah, mudah akrab dengan orang lain, atau malah orang yang tiba-tiba dapat teman baru di tempat baru? Orang-orang seperti itu biasanya memiliki bakat tertentu yang dominan!

Sebelumnya kita sudah menjelajahi tiga kelompok bakat, kini saatnya kita sampai di kelompok bakat terakhir: kelompok bakat Relating! Bakat-bakat dari kelompok ini cenderung membuat kamu senang dan bisa dengan mudah memahami urusan orang lain, membuat koneksi, dan menciptakan suasana yang enak untuk semua orang di sekitarmu! Intinya sih, orangnya benar-benar Sang Sosialis.

Ada 9 bakat dalam kelompok ini yaitu Adaptability, Connectedness, Developer, Empathy, Harmony, Includer, Individualization, Positivity, dan Relator.

Nah, sudah cukup penasaran belum mana yang jadi andalanmu? Atau mungkin kamu punya kombinasi unik dari bakat-bakat ini? Yuk, kita cari tahu bakat Relating mana yang mungkin jadi andalanmu!

9 Superpowers Relating: Temukan Bakatmu!

Adaptability: Si Ahli Berubah

Kalau kamu terbiasa dengan perubahan rencana atau situasi yang mendadak, tidak masalah dengan spontanitas, dan malah senang menghadapinya, bisa jadi kamu memiliki bakat Adaptability yang dominan! Dengan bakat ini, kamu cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dengan situasi baru. Pokoknya, go with the flow aja deh! Kamu tidak masalah dengan perubahan dan justru dapat menghadapi situasi yang berubah-ubah itu dengan tenang.

Connectedness: Sang Penghubung Benang Merah

Apakah kamu sering merasa bahwa segala sesuatu di dunia ini saling terhubung dan punya makna yang lebih besar? Kalau iya, kemungkinan besar kamu punya bakat Connectedness yang kuat! Dengan bakat ini, kamu bisa melihat "benang merah" di antara kejadian-kejadian yang bagi orang lain mungkin tidak ada hubungannya. Kamu cenderung percaya bahwa setiap peristiwa punya alasan dan keterkaitan, dan pemahaman ini membantumu melihat dunia dengan cara yang unik dan bermakna.

Developer: Pendorong Kesuksesan

Kamu merasa paling senang saat melihat orang lain berkembang dan mencapai potensi mereka? Ingin membantu sampai mereka sukses? Merasa pencapaian mereka adalah pencapaianmu juga? Bisa jadi kamu punya bakat Developer yang menonjol! Dengan bakat ini, kamu cenderung memiliki keinginan untuk mendorong dan membantu teman-temanmu untuk berkembang. Kamu bisa melihat potensi dalam diri orang lain bahkan saat mereka belum menyadarinya sendiri. Pokoknya, kamu ini seperti seorang mentor yang senang membimbing orang menuju versi terbaik dari diri mereka!

Empathy: Si Peka Perasaan

Jika kamu secara alami mampu 'merasakan' apa yang orang lain rasakan seolah-olah kamu berada di posisi mereka, kemungkinan besar kamu punya bakat Empathy yang kuat! Dengan bakat Empathy, kamu cenderung peka untuk memahami perasaan dan sudut pandang orang lain. Kamu bisa menangkap emosi yang tidak terucapkan dan sering jadi tempat curhat favorit teman-temanmu. Kamu ini kayak pembaca hati yang bisa bikin orang merasa dipahami dan dihargai!

Harmony: Si Paling Anti Konflik

Apakah kamu tidak menyukai konflik dan merasa ingin menghindari konflik? Kalau kamu selalu berusaha untuk menghindari konflik atau mencari jalan tengah dalam setiap konflik dan merasa tidak nyaman dengan perselisihan, bisa jadi kamu punya bakat Harmony yang dominan! Bakat Harmony menunjukkan kecenderunganmu dalam menghadapi situasi dengan konflik. Orang yang memiliki bakat Harmony yang dominan biasanya tidak menyukai konflik dalam bentuk apa pun. Bisa saja kamu memilih untuk menjadi penengah dalam konflik atau justru memilih untuk pergi menjauh dari konflik tersebut!

Includer: Sang Pelibat

Includer adalah bakat yang membuat kamu memiliki kecenderungan untuk memperhatikan orang-orang yang mungkin merasa tersisih dan berusaha melibatkan mereka. Dengan bakat ini, kamu punya radar khusus untuk mendeteksi siapa yang merasa tidak diterima atau diabaikan. Kamu selalu berusaha memperluas lingkaran pertemanan dan memastikan semua orang merasa diterima. Pokoknya, kamu ini seperti pelukan hangat yang bisa membuat semua orang merasa disambut dan dihargai!

Individualization: Penghargaan Keunikan

Kalau kamu merasa bisa menemukan keunikan setiap orang, bisa jadi kamu punya bakat Individualization yang dominan! Bakat individualization membuatmu cenderung peka terhadap keunikan orang lain sehingga kamu akan memperlakukan orang berdasarkan keunikan tersebut. Kamu mengenali dan menghargai perbedaan-perbedaan kecil dalam kepribadian, gaya kerja, atau motivasi orang lain.

Positivity: Penyebar Semangat

Jika kamu selalu bisa melihat sisi positif dari setiap situasi dan punya antusiasme yang menular serta keberadaanmu selalu dinanti oleh teman-temanmu, kemungkinan besar kamu punya bakat Positivity yang kuat! Dengan bakat ini, kamu punya kecenderungan untuk mengangkat semangat orang-orang di sekitarmu. Senyummu menular dan optimismemu bisa mengubah suasana hati orang lain menjadi lebih baik. Kehadiranmu di kelompok juga kadang menjadi penyemangat bagi temanmu. Singkatnya, kamu mirip penyebar virus bahagia yang bisa bikin dunia di sekitarmu jadi lebih cerah dan menyenangkan!

Relator: Pembina Hubungan

Kalau kamu lebih suka membangun hubungan yang dalam dan bermakna daripada punya banyak teman biasa, mungkin kamulah Pembina Hubungan itu! Dengan bakat ini, kamu merasa senang membangun dan memelihara persahabatan yang erat. Kamu senang mengenal orang secara mendalam dan merasa paling nyaman dengan orang-orang yang sudah kamu kenal baik.

Menjadi Sosialis yang Paling Hangat

Wah, akhirnya kita sudah selesai membicarakan keempat kelompok bakat dari Talents Mapping! Gimana, seru kan? Dari Adaptability hingga Relator, semuanya punya peran penting bagi kamu dalam dunia interpersonal.

Sederhananya sih, bakat Relating ini bukan hanya diperlukan di dunia sekolah dan kantor, tapi juga diperlukan di kehidupan masa depanmu! Bayangin aja gimana serunya kalau kamu bisa mengembangkan bakat Developer-mu untuk menjadi mentor keren di kampus nanti atau menggunakan bakat Positivity untuk menjadi penyemangat tim kamu di kantor.

Penasaran mau tahu lebih banyak tentang bakat-bakat yang mungkin kamu miliki? Kamu bisa cek lebih detail dengan mengikuti asesmen Talents Mapping lho! Lulus Negeri adalah salah satu dari banyak lembaga yang juga menyediakan asesmen beserta konsultasi hasil asesmen. Tapi ingat ya, hasil asesmen itu hanya untuk menjadi petunjuk awal saja. Yang lebih penting adalah bagaimana kamu mengembangkan dan menggunakan bakat-bakat itu untuk menjadi versi dirimu yang makin hebat!

Akhir kata, ingat selalu bahwa setiap orang punya kombinasi bakat yang unik. Jadi jangan pernah merasa minder atau membandingkan diri dengan orang lain. Fokus dengan kelebihan kamu dan terus asah bakat-bakat itu. Percaya deh, dengan bakat Relating yang kamu punya, kamu bisa bikin dunia jadi tempat yang lebih hangat, lebih connected, dan pastinya lebih seru!

Yuk mulai sekarang jadilah agen perubahan positif dalam lingkaran pergaulan kamu. Tunjukkan ke dunia kekuatan super dari bakat-bakat Relating kamu. Semangat terus, sobat muda!


Kategori: