Bakat Personality Para Pemikir

Halo, teman-teman Lulus Negeri! Pernahkah kamu bertemu orang yang selalu punya ide-ide brilian atau selalu punya solusi out of the box untuk masalah rumit yang muncul? Kira-kira, kok bisa ya ada orang yang sekreatif itu? Nah, jawabannya mungkin ada di bakat Thinking mereka!

Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita pahami dulu apa itu bakat Thinking. Bakat Thinking adalah satu dari empat kelompok bakat yang dibagi dalam asesmen Talents Mapping. Talents Mapping atau pemetaan bakat adalah salah satu cara keren untuk mengenali kelebihan unik yang kita miliki. Dalam Talents Mapping, bakat kita dibagi menjadi empat kelompok bakat yaitu kelompok Thinking, Influencing, Striving, dan Relating. Khusus di artikel kali ini, kita akan menjelajahi kelompok bakat Thinking yang mungkin berpotensi jadi salah satu bakat dominanmu!

Apa itu bakat Thinking dan kenapa penting untuk diketahui? Bayangin deh, di era digital yang serba cepat sekarang ini, kemampuan untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan menciptakan solusi inovatif menjadi kunci sukses di sekolah, kampus, bahkan dunia kerja. Siapa tahu, kamu memiliki bakat-bakat dominan dari kelompok Thinking yang memungkinkan kamu untuk bisa jadi problem solver andal atau pemikir visioner yang bisa mengubah dunia!

Nah, ada bakat apa saja sih di kelompok Thinking? Terdapat 8 bakat Thinking yang masing-masingnya punya fokus yang berbeda meski sama-sama berasal dari bagian berpikir. Udah cukup penasaran belum, kira-kira mana nih yang jadi bakat andalanmu? Atau kamu punya kombinasi bakat unik? Let's dive in dan temukan superpowers otakmu!

8 Superpowers Thinking: Kenali Bakatmu!

Analytical: Si Jago Analisis

Apakah kamu suka mengurai masalah menjadi bagian kecil? Bisa jadi kamu punya bakat Analytical! Bakat ini cenderung membuat seseorang jago dalam mencari pola, menganalisis informasi, serta menemukan solusi logis yang berkaitan dengan data. Biasanya, orang Analytical harus menemukan sebab-musababnya terlebih dahulu karena kebutuhannya akan adanya data dan fakta. Kamu bisa jadi Sherlock Holmes-nya dalam hal data!

Tokoh yang memiliki bakat Analytical adalah Albert Einstein.

Context: Ahli Menghubungkan Masa Lalu dan Masa Kini

Dengan bakat Context, kamu sering melihat ke masa lalu untuk memahami apa yang terjadi sekarang. Bagimu, masa lalu adalah blueprint dari sebab akibat di masa sekarang. Dengan melihat masa lalu, kamu bisa menghubungkan peristiwanya dan memahami situasi yang sedang kamu hadapi!

Tokoh yang memiliki bakat Context adalah Indiana Jones.

Futuristic: Visioner Masa Depan

Memiliki bakat Futuristic artinya kamu adalah orang yang visioner! Kamu senang berangan-angan atau membayangkan kemungkinan masa depan yang bisa menginspirasi. Dengan bakat ini, kamu bisa menemukan peluang-peluang yang bisa saja terlewati oleh orang lain.

Tokoh yang memiliki bakat Futuristic adalah Bill Gates.

Ideation: Pabrik Ide Kreatif

Orang dengan bakat Ideation bisa juga disebut dengan pabrik ide kreatif. Otakmu seperti tak pernah berhenti memproduksi ide-ide cemerlang! Bakat ini juga membuat kamu senang berdiskusi untuk brainstorming ide-ide yang ada di kepala dan mampu melihat koneksi antara hal-hal yang terlihat seperti tidak berhubungan.

Tokoh yang memiliki bakat Ideation adalah Isaac Newton.

Input: Kolektor Informasi Sejati

Kalau kamu suka mengumpulkan informasi, kepo dengan hal-hal sekecil apa pun, bisa jadi bakatmu adalah Input! Orang dengan bakat Input yang dominan memiliki hasrat untuk mengetahui lebih dalam informasi-informasi yang sudah diterima. Kamu akan mengumpulkan informasi tersebut dan mengarsipkannya. Tidak hanya tulisan atau berita, orang dengan Input dominan juga bisa senang mengumpulkan barang-barang yang menurutmu menarik.

Tokoh yang memiliki bakat Input adalah Charles Darwin.

Intellection: Pemikir Mendalam

Apakah kamu senang dengan kegiatan diskusi yang bersifat intelektual? Senang berpikir secara mendalam dan merenung? Bisa jadi bakatmu yang dominan adalah Intellection. Dengan bakat Intellection, kamu sangat menikmati aktivitas intelektual yang memerlukan waktu untuk berpikir secara mendalam. Kamu juga bisa memiliki wawasan yang luas berkat bakatmu yang senang berpikir.

Tokoh yang memiliki bakat Intellection adalah Chairil Anwar.

Learner: Pencinta Belajar Seumur Hidup

Jika kamu seorang dengan bakat Learner yang dominan, berarti kamu punya kesenangan dalam mempelajari sesuatu dan selalu tertarik pada proses belajarnya, bukan pada bidang, materi, atau bahkan hasil dari pembelajaran. Kamulah pencinta belajar sejati!

Tokoh yang memiliki bakat Learner adalah Abraham Lincoln.

Strategic: Ahli Strategi yang Jitu

Seperti namanya, bakat Strategic berarti kamu akan cenderung lebih jago untuk memilah-milah masalah yang ada dan menemukan jalan terbaik sebagai solusinya. Kamu bisa merencanakan berbaga alternatif langkah untuk mencapai suatu tujuan. Pokoknya, kamu bisa berstrategi untuk memecahkan masalah atau mencapai sebuah tujuan!

Tokoh yang memiliki bakat Strategic adalah Sun Tzu.

Jadilah Superhero Otakmu Sendiri

Nah, teman-teman Lulus Negeri yang luar biasa, kita sudah selesai menjelajahi 8 bakat dalam kelompok Thinking yang mungkin ada di dalam dirimu. Dari si visioner sampai ahli strategi, setiap bakat memiliki kekuatan uniknya sendiri. Perlu diingat, bakat Thinking tidak hanya berguna di sekolah, tapi juga akan sangat penting di masa depan. Kemampuan berpikir kritis, menganalisis informasi, dan menciptakan solusi kreatif akan menjadi skill yang super penting dalam berbagai aspek kehidupan.

Ingatlah bahwa setiap otak itu unik. Jangan pernah membandingkan bakatmu dengan bakat orang lain, karena setiap bakat itu hebat dan masing-masing orang pasti memiliki kombinasi unik yang tidak bisa dibandingkan. Tetap fokus pada kekuatanmu dan jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri!

Jadi, ayo mulai asah bakat Thinking-mu! Yuk, coba ikuti tes Talents Mapping dan lihat apakah kamu termasuk dalam kelompok Thinking. Siapa tahu, kamu akan menemukan superpowers tersembunyi dalam dirimu yang bisa membantumu meraih kesuksesan di masa depan!

Kategori: