Lebih Dekat Dengan Ilmu Peternakan

Masuk Peternakan, Mau Jadi Gembala Sapi?!

Kali ini teman mimin akan berbagi kisah tentang ilmu beternak. Cekidot !!!

Halo, Teman Lulusnegeri!

Ayooo siapa yang suka makan telur? Siapa yang suka makan ayam goreng? Siapa yang suka makan steak? Siapa yang suka minum susu? pasti jawabannya “Akuuuu…”. Semua makanan di atas adalah hasil produk peternakan loh... Sebelumnya, perkenalkan nama aku Ulfah lulusan Fakultas Peternakan Unpad. Apakah kalian sama dengan aku yang dulu berpikir bahwa Jurusan Peternakan adalah jurusan yang “aneh”?. Sebenarnya aku dulu tidak pernah terpikirkan sedikitpun untuk masuk ke Fakultas Peternakan. Mimpiku masuk jurusan Biologi Unpad, karena hanya Biologi yang bisa aku kuwasai secara baik di banding Kimia dan Fisika. Tapi di suatu hari mimpiku harus aku ikhlaskan karena aku sadar nilai rapor aku tidak mendukung untuk bisa lolos SNMPTN ke jurusan Biologi. Alhasil aku berpikir untuk memilih jurusan yang masih memiliki hubungan dengan Biologi. Yaps.. pilihannya ada tiga yaitu yang berhubungan dengan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Strategi aku dulu yaitu memilih passing grade jurusan yang benar – benar sesuai dengan nilai rapor aku. Saat aku melihat passing grade jurusan Ilmu Peternakan, aku merasa bahwa passing grade tersebut cocok dengan nilai rapor aku dan jurusan ini memiliki hubungan dengan Biologi. Dengan Bismillah aku pun mencoba mendaftar ke jurusan Ilmu Peternakan dan Alhamdulillah memang sudah menjadi jalannya. Walapun berat teman – teman, berat disini yaitu respon dari beberapa keluarga dan teman sekelas, mereka selalu bertanya “Mau jadi Gembala Sapi?” atau “Jadi Peternak mah, gausah kuliah aja!” kadang aku sedih tapi aku yakin jurusan ini di buat karena memiliki peran penting di kehidupan sehari – hari.

Setelah aku diterima di Fakultas Peternakan, aku baru terpikirkan wah bagaimana perkuliahan tentang peternakan. Apakah aku akan mengurus sapi? atau mengumpulkan telur ayam setiap harinya?. Ternyata perkuliahan di Fakultas Peternakan sangat menyenangkan bagi aku. Semester satu masih penyesuaian mata kuliah seperti matematika, biologi, kimia, fisika, agama dll. Nah, mulai semester dua baru deh mempelajari lebih dalam tentang peternakan. Sangat sistematis karena mata kuliahnya disusun sesuai ternak yang akan di pelajari. Aku selalu berusaha keras belajar saat akan menghadapi UTS dan UAS sehingga Alhamdulillah nilainya bagus dan dapat meraih IPK diatas 3,5. Kalau aku aja bisa, aku yakin kalian juga bisa teman – teman.

Kegiatan di kampus sangatlah banyak, mulai dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), BEM, Panitia PMB, dan masih banyak lagi. Mendapatkan ilmu bukan hanya dari perkuliahan saja tetapi bisa lewat dari UKM. Saat itu aku memilih bergabung dengan UKM Unggas yang bernama KPTU (Kelompok Profesi Ternak Unggas), disana aku belajar cara beternak ayam, membuat nugget, memfillet ayam, dll. Darisitu mulai lah aku dan sahabatku membuka usaha nugget dan sayap ayam fillet, kami berjualan di sela – sela waktu kuliah. Walaupun keuntungannya ga terlalu besar karena harus membagi fokus dengan kuliah. kami sangat senang karena memiliki pengalaman berharga. Menginjak semester tiga aku mengikuti recruitment Asisten Dosen Mata Kuliah Biologi untuk Fakultas Peternakan. Yapssss… impianku… mungkin aku tidak bisa kuliah di Jurusan Biologi, tapi aku menjadi salah satu dari empat mahasiswa yang lolos dari angkatan aku untuk menjadi Asdos Biologi selama tiga tahun. Menyenangkan sekali berbagi ilmu dengan adik tingkat.

Oh iya… prospek kerja untuk lulusan peternakan cukup luas loh teman – teman, banyak perusahaan di bidang peternakan yang terkenal seperti PT Japfa Comfeed, PT Charoen Pokphand, PT Ultrajaya Milk Industry dan masih banyak lagi. Selain itu, bisa juga menjadi entrepreneur, dosen, konsultan, bahkan kerja di bank, maupun di perusahan – perusahan lain. Untuk aku sendiri, karena aku suka dengan dunia pendidikan jadi aku putuskan mencoba bekerja di salah satu Lembaga Konsultan Pendidikan di Bandung, tetapi untuk sekarang ini aku sedang mulai merintis bisnis keluarga yang menyangkut bidang peternakan, aku mohon do’anya ya teman – teman Lulusnegeri.

Well, singkatnya seperti itu yang bisa aku tulis. Aku harap teman – teman Lulusnegeri bisa belajar dan mengatur strategi dari sekarang mau kuliah jurusan apa, dimana, dan yang harus kalian sukai ya agar senang saat menjalaninya. Fighting guys!!

 

Kontributor Lulusnegeri,

Ulfah Nurgianti Fauziah

Kategori: