Kisi-Kisi PK TPS UTBK 2020

PK itu gampang-gampang susah. Pelajari kisi-kisi berikut!

Hai, teman lulusnegeri! Salam kenal, kali ini saya mau bahas tentang PK alias Pengetahuan Kuantitatif. Di pengetahuan kuantitatif ini teman-teman akan diuji pemahaman tentang matematika yang paling dasar, yah setara dengan pengetahuan matematika SMP. Eits, jangan senang dulu tapi, karena soal yang ditampilkan biasanya mengandung soal HOTS. Kalo kita lihat soal UTBK pada tahun sebelumnya soal kuantitatif itu berjumlah 20 soal dengan alokasi waktu 35 menit. Apa aja dong yang harus kita ketahui.

Yuk cek di sini!

Pertama, kompetensi apa aja sih yang harus teman lulusnegeri miliki supaya siap mengerjakan soal PK?

  1. Pemahaman konsep dasar matematika

  2. Penalaran dan logika matematika

  3. Pemecahan masalah

  4. Kemampuan membaca data, tabel dan grafik

Nah, sudah sejauh mana kompetensi yang kalian miliki? teman-teman masih memiliki waktu untuk berlatih hingga ujian tiba nanti

Kedua, apa saja cakupan materi yang sering muncul pada materi PK ini?

1. Urutan, Barisan dan Pola Bilangan

Kalo bicara tentang matematika pasti tidak akan terlepas dari pola dan bilangan.

Tipe soal

a. melanjutkan barisan bilangan

b. menentukan pola bilangan

c. mengurutkan bilangan

d. operasi dasar bilangan pecahan, desimal dan bentuk akar

Tips: Untuk mengerjakan soal tentang barisan bilangan, teman lulusnegeri harus paham jenis-jenis barisan bilangan yang paling dasar, seperti barisan bilangan ganjil, genap, kuadrat, kubik, dan fibbonacci. Untuk mengerjakan soal bentuk pola bilangan, teman lulusnegeri bisa mencoba melakukan beberapa operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Saya pribadi jika mengerjakan soal bentuk ini biasanya akan berpikir dari simpel ke kompleks, jangan sebaliknya ya.

2. Aljabar

Tipe Soal yang sering keluar pada materi ini adalah,

a. operasi dasar aljabar

b. bentuk persamaan dan pertidaksamaan aljabar

c. membandingkan dua nilai

d. persamaan garis lurus

e. memanipulasi bentuk aljabar

Tips: Untuk mengerjakan bentuk soal tersebut, teman lulusnegeri harus mengetahui bentuk paling sederhana dari berbagai bentuk aljabar karena ini akan memudahkan teman teman dalam mengerjakan soal tersebut. Teman teman juga harus teliti dalam mencerna informasi yang diberikan pada soal, seperti batas nilai atau syarat nilai.

3. Himpunan, Statistika, Kaidah Pencacahan, dan Peluang

Tipe soal yang biasanya muncul,

a. diagram venn

b. menentukan notasi himpunan arsir

c. membaca data, tabel dan grafik

d. mementukan nilai dari suatu ukuran pemusatan dan penyebaran data

e. menentukan urutan dan menghitung probabilitas.

Tips: Untuk mengerjakan soal bentuk ini, teman teman harus bisa menarik informasi dari data yang disajikan, dan teman teman harus jeli dalam membaca soal (untuk soal bentuk cerita)

4. Geometri

Tipe soal pada materi ini biasanya,

a. menghitung nilai keliling atau luas dari suatu bangun datar

b. menghitung daerah arsir

c. menghitung luas permukaan serta volume bangun ruang.

Tips: Mengerjakan soal bentuk di atas adalah pahami benar benar konsep geometri dasar seperti garis, sudut, rumus rumus bangun datar dan bangun ruang,  kesebangunan dan kekongruenan. Untuk soal bentuk gambar bangun, teman-teman bisa menggunakan garis bantu atau membagi bangun tersebut menjadi bangun yang lebih sederhana. (ingat matematika itu ngga ribet, cuma butuh sedikit modifikasi aja)

5. Matematika Terapan

Tipe soal yang muncul biasanya,

a. soal cerita yang berhubungan dengan kegiatan sehari- hari, seperti jarak, kecepatan, perbandingan, debit air

b. aritmetika sosial seperti mencari untung, harga diskon dan bunga.

Disini teman-teman akan diuji bagaimana cara teman-teman memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep matematika.

Tips: Mengerjakan soal jenis ini adalah gunakan model matematika untuk menyederhanakan permasalahan yang disajikan.

Terakhir saya mau ngasih tau tips and trick mengerjakan soal PK secara keseluruhan nih:

1)  Karena terdapat 20 soal dengan alokasi waktu sebanyak 35 menit, Saya saranin teman lulusnegeri hanya menghabiskan waktu sekitar 1 menit per soalnya. Kenapa begini? Supaya teman-teman bisa mengecek semua soal.

2)  Kerjakan terlebih dahulu soal yang menurut teman-teman mudah, jika waktu satu menit sudah habis atau sekali hitung ngga ada jawabannya, next aja ke soal yang lain.

3)  Dalam mengerjakan operasi hitung, lebih baik teman-teman sederhanakan terlebih dahulu bilangannya. Ini akan mempercepat proses perhitungan teman-teman. Ingat semakin besar bilangan yang teman-teman hitung, semakin besar pula peluang kesalahan hitung.

4)  Berpikirlah dari pemikiran simpel ke kompleks, kita harus berbaik sangka dalam melihat soal. Jika cara simpel ngga nemu jawabannya, baru naikkan pola pikir kita ke yg lebih kompleks. Ingat ini soal PK, biasanya kita hanya butuh konsep dasar dalam mengerjakannya.

5)  Usahakan mengerjakan soal dalam keadaan relaks dan tidak gugup terutama jika kita mengerjakan soal bentuk pola bilangan. Karena jika kita relaks biasanya pemikiran kita lebih jernih, sebaliknya jika kita gugup tidak menutup kemungkinan kita lupa konsep dan materi yang telah kita pelajari. Sayang banget kan kalo kayak gitu.

Gimana nih, setelah baca paparan di atas? Semoga saja bermanfaat bagi teman lulusnegeri dan bisa dipraktikkan dari sekarang. Jangan lupa banyak latihan karena mengerjakan soal matematika itu butuh pembiasaan dan ketekunan. Selamat menempuh UTBK!

Kontributor Lulusnegeri,

Ika Citra W

Kategori: