Kisi-Kisi PBM TPS UTBK 2020

PBM Sulit ? Ngga Kok, PBM Itu Mudah Lhoh!!!  

Semakin mendekati hari H ujian, biasanya semakin membuat gelisah, ya kan? Apalagi kalau denger PBM, banyak banget yang cerita ke Mimin, “duh min susah bet dah nih PBM”. Well, artikel kali ini mimin bakal ngasih beberapa kisi-kisi plus Tips pengerjaan soal-soal PBM

Check these out!!

Kalau kita perhatikan beberapa info yang disampaikan oleh panitia LTMPT, sepertinya soal yang akan keluar nanti memiliki tipe yang sama dengan soal TPS tahun lalu berikut uraiannya,   

1.      Judul Bacaan

Diantara tipe-tipe soal dalam PBM, mimin yakin kisi-kisi terkait dengan judul bacaan adalah one of the most important thing. Namanya juga kan memahami bacaan dan menulis. Ibarat kata, ada ga sih bacaan-bacaan di koran atau buku tanpa judul? Pasti wajib ada dong. Nah, makanya kamu harus banget nih paham mengenai Judul Bacaan. 

Tipe Soal:  

a. Mencari judul yang tepat untuk sebuah bacaan

b. Memperbaiki judul yang tepat untuk sebuah bacaan

Tips:

Judul adalah representasi dari suatu bacaan. Oleh karena itu, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencari ide pokok dari suatu bacaan terlebih dahulu. Intinya judul bacaan haruslah seirama dengan dengan ide pokok dari bacaan tersebut. Jika bacaan itu hanya terdiri dari 1(satu) paragraf, maka cari kalimat utama dalam paragraf tersebut. Bisa di awal kalimat atau akhir kalimat, tergantung apakah tipe paragraf deduktif atau paragraf induktif. Tetapi, jika bacaan itu terdiri dari beberapa paragraf, maka cari kalimat utama dari setiap paragraf dan cari ide pokok dari semua kalimat utama yang sudah ditandai.

2.     Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung atau kata sambung merupakan kisi-kisi berikutnya yang kemungkinan besar akan kamu temui dalam PBM TPS UTBK. Konjungsi merupakan kata tugas yang berfungsi menghubungkan antar klausa, antar kalimat, atau antar paragraf.

Tipe Soal:

a. Memilih kata sambung yang tepat untuk melengkapi suatu kalimat (kalimat tersebut belum belum memiliki kata sambung)

b. Memilih kalimat yang memiliki kata sambung yang salah (tersedia beberapa kalimat, maka pilih kalimat yang memiliki kata sambung yang salah)

c. Memperbaiki kalimat yang memiliki kata sambung yang salah. (kalimat tersebut memiliki kata sambung  yang salah, tugas kamu mencari kata sambung yang tepat)

d. Memilih kalimat yang tepat untuk melengkapi suatu paragraph (biasanya kamu diminta untuk memilih kalimat yang tepat untuk disisipkan pada suatu paragraf).

Tips:

Pelajari kembali terkait materi konjungsi atau kata sambung ini dengan baik. Kedua, baca dan resapi beberapa buku dan koran-koran yang sangat baik kaidah jurnalistiknya. Meskipun mungkin membuat beberapa diantara kamu bosan, tetapi sabar dulu aja. Demi UTBK yang lebih baik.

Kamu juga bisa baca ya artikel mimin terkait konjungsi ini (coming soon).

3.     Kalimat Simpulan dan Gagasan Pokok Paragraf

Kisi-kisi ketiga yang akan kamu jumpai dalam PBM TPS UTBK adalah mencari gagasan pokok dan kalimat simpulan dalam paragraf. Hati-hati, keduanya sekilas tampak sama tapi sebetulnya berbeda. Jika gagasan pokok adalah pernyataan yang menjadi inti dalam pembahasan suatu paragraf, maka kalimat simpulan adalah inti dari sebuah pelajaran yang hendak diberikan melalui penjabaran-penjabaran fakta. Simpulan adalah hasil akhir dari suatu pembahasan masalah dalam paragraf.

Tipe Soal:

a. Mencari kalimat simpulan yang tepat untuk suatu paragraf. 

b. Mencari gagasan pokok dari suatu paragraf atau bacaan.

Tips:

Gagasan pokok ditandai dengan:

  • Mengandung topik permasalahan yang dijabarkan lebih lanjut dalam kalimat berikutnya.

  • Biasanya berupa suatu kalimat lengkap.

  • Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.

  • Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi

  • Pada paragraf deduktif, gagasan pokok biasanya berada pada awal paragraf.

Kalimat simpulan ditandai dengan kata-kata kunci diantaranya: jadi, dengan demikian, sebagai kesimpulan, yang penting, oleh lantaran itu, dll.  

4.     Kaidah-kaidah dan Ketentuan Umum Bacaan

Kamu yang sudah banyak latihan soal PBM TPS UTBK pasti sudah familiar dengan istilah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), -dulu- Ejaan yang Disempurnakan (EyD), -sekarang- Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) maka seharusnya ini adalah bagian termudah dari subtest PBM. Kenapa mimin katakan termudah? karena sudah ada ketentuannya, hehe. Analoginya seperti halnya pelajaran eksakta, kamu sudah punya rumus-rumusnya, hukum dasarnya. Seperti halnya pelajaran bahasa Inggris, sudah memiliki tenses-nya. Jadi, kalo ini ngga asal tebak.

Tipe Soal:

a. Menentukan kata berimbuhan yang tepat sesuai konteks kalimat.

b. Menentukan kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan tanda baca.

c. Memperbaiki kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan tanda baca.

d. Menentukan kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan huruf kapital.

e. Memperbaiki kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan huruf kapital.

f. Menentukan suatu kata atau frasa sudah sesuai atau belum dengan KBBI atau PUEBI. Jika belum, maka dilanjutkan dengan menentukan perbaikannya.

g. Menentukan kalimat yang kurang padu pada paragraf. 

5.     Jenis Bacaan

Bagian akhir dari kisi-kisi PBM TPS UTBK adalah kamu diminta untuk menentukan jenis bacaan. Dikenal juga dengan jenis-jenis wacana. Singkatnya kamu harus dapat membedakan bacaan yang bersifat narasi, deskripsi, eksposisi, argumentatif, atau persuasif. Setiap jenis bacaan memiliki ciri-cirinya tersendiri.  

Demikian uraian dari kisi-kisi PBM TPS UTBK, guys. Semoga mempermudah kamu semuanya untuk mempelajari dengan lebih seksama. Sukses selalu.

Kontributor Lulusnegeri.

 

Referensi:

  1. https://dosenbahasa.com/jenis-jenis-konjungsi

  2. https://dunia.pendidikan.co.id/gagasan-pokok

  3. https://kedaiguruindonesia.blogspot.com/2019/07/menentukan-kesimpulan-paragraf
  4. https://www.gurupendidikan.co.id/wacana-adalah

Kategori: