Jurusan Pendidikan Matematika, Tiap Hari Ngitung?

Matematika? Duh kok pusing yah lihatnya!!

Hai, Teman Lulusnegeri!

Gimana rasanya denger jurusan pendidikan matematika? Pusing mikirin angka? Kebayang kalo skripsinya bakal bikin rumus atau bahas soal matematika? Well, itu adalah mitos yang sempat saya percaya waktu saya SMA, kebayang pusing dan bosen nyaaa.. Meski tetep tidak mengurangi niat saya untuk masuk jurusan itu, karena selain matematika, saya gak pinter di bidang yang laiinnn hahaha *meski di matematika juga gak jenius-jenius banget tapi better lahyaa-uhuyyy.

Oke-okee saya tau kalo banyak di antara kalian yang jangankan minat masuk jurusan pendidikan matematika, denger matematika nya aja udah pusing sendirii. Tapi gaess! Saya mau cerita duluu dan sedikit meluruskan tentang mitos-mitos masuk jurusan pendidikan matematika.. Okey? Check this out!

1.      Suka Dikira Kalkulator Berjalan

“Kak 65 + 70 x 12 berapa?”

“Itung aja sendiri, pake kalkulator, atau kotret aja”

“Iiihhh kakak kan jurusan pendidikan matematika”

Yaterooooossss?? Wkwk mitos yang paling nyebelin adalah auto disangka jago ngitung, oke kita belajar tehnik berhitung tapi bukan berarti bisa hafal diluar kepala dalam waktu cepet atau gak perlu hitung manual dulu pake kertas dongg dekkkk! Yakali kuliah isinya di tes perkalian?

Dibanding belajar menghitung sejujurnya kuliah pendidikan matematika lebih banyak analisis nyaa, kamu bukan belajar sembilan dibagi tiga hasilnya berapa, tapi belajar kenapa sembilan habis dibagi tiga? Oh karena tiga adalah faktor dari sembilan, jadi faktor bilangan tuh apa? Belajar kek gitu gaesss, atau pernah gaksi kepikiran kenapa trigonometri positif semua di kuadran satu, di kuadran dua cuma sinus dan cossecan yang nilainya positif? Nah itu yang kita pelajari.

Jadi pliss stop nanya-nanya perkalian seolah kalo kita gak hafal 3654 x 234 kita gagal jadi anak matematika ya guys :”) . Yang penting kita tau cara ngitungnya bukan ngafalinnyaaa, okee sampe situ paham? Lanjut? Gass!!

2.      Belajar Matematika Tiap Hari

Duuhhh kakkkk, aku belajar matematika di sekolah seminggu 2 pertemuan aja pusing mana bisa kuliah jurusan pendidikan matematika dan belajar matematika tiap harii? *eiittsss no no no tunggu duluu!

Karena dasarnya pendidikan, tentu saja kita juga belajar pendidikan secara umum, psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, pengelolaan pendidikan, telaah sekolah menengah, ilmu sosial budaya dasar, pengelolaan pendidikan, bimbingan konseling, kurikulum dan pembelajaran dll. Di awal kami juga belajar bahasa inggris, pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama.

Pokoknya gak selalu belajar matematika, dan yang matematika juga gak se”ngitung” ituuu. Kayak tadi saya bilang, dibanding belajar rumus kita lebih banyak belajar pembuktian, meski ada sih banyak ilmu baru matematika yang mungkin asing untuk anak SMA kaya matematika disktrit, aljabar linear, analisis real, kalkuluss, tapii yaaa sebenernya itu beberapa hal yang udah pernah di pelajari di SMA cuma lebih didalami ajaa. Kamu juga akan belajar tentang sejarah matematika, teori bilangan *iyaa betul, bilangan juga ada teori nyaa. Pernah mikir gaksi kenapa nol bentuknya bulat? Atau angka dua kayak bebek? Siapa yang nemuin angka pertama kali? Dan selain angka yang kita kenal dari 0 sampe 9 itu ada jenis angka lain gaksih? Ada dong, angka romawi, angka Yunani, angka Babiloniaa, hayoloo penasaran kan? Masuk Pendidikan Matematika ajaa wkwkwk. Alpha, beta, gamma yang kita kenal sebagai sudut itu juga sebenarnya angka, dia adalah angka Yunani. Alpha itu satu, beta dua, gamma tiga, delta empat, epsilon 5 dan seterusnyaaa. Seruu kaannnn? Terus kamu juga akan belajar tentang angka angka unik di matematika, salah satunya amicable number. Kepo? Baca aja sendiri wkwkk

3.      Skripsi nya bikin rumus

Sebenernya sah-sah aja kalo skripsi kamu mau bikin rumuss, kalo bisaa wkwkwk. Tapi sebenernya dunia perskripsian tuh luas gaesss, pokoknya susah dijelasin deh harus cobain sendiriii. Tapi ya berhubung judulnya sharing dengan berbaik hati saya akan kasih bocoran. Jadi sebelum skripsi kamu kudu hafal dulu jenis-jenis penelitian, ada penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian RnD dll. Nah dari masing-masing jenis penelitian itu kamu akan milih judul, biasanya terkait fenomena di pendidikan matematika, atau membuktikan teori. Nah contoh nih, di pendidikan matematika tuh belajar proses berpikir matematik kayak proses berpikir kritis, kreatif, probabilistik, pemecahan masalah dan lain-lainn. Nah kamu mau membuktikan, soal bentuk gimana ya soal yang cocok untuk ngetes proses berpikir kritis, di sekolah A, anak-anaknya kritis gak yaa? Begituuuu. Atau ada juga yang penelitian nya tentang batik. Bentuk batik itu kalo dilihat ada bentuk apa aja ya? Oh bentuk lingkaran, oh ada lambang integralnya dll. Atau meneliti kenapa ya kalo di jawa barat ukuran nya suka pake setumbak, sebata dll, setumbak itu berapa meter? Kaya gituuu. Sound good kan? Ada banyakk ilmu baru yang kamu bisa pelajari deh pokoknyaaa.

4.      Apasih Bedanya Pendidikan Matematika dan Matematika Murni?

Nah meskipun sama-sama matematika, pendidikan matematika dan matematika murni memiliki beberapa perbedaan, baik dalam mata kuliah yang dipelajari maupun prospek kerjanya. Di jurusan pendidikan matematika kita akan belajar dasar-dasar pendidikan kalo matematika murni tidak ada mata kuliah kependidikan. Kalo dari prospek kerja, pendidikan matematika dididik untuk bekerja di bidang pendidikan seperti guru maupun dosen, sedangkan matematika murni biasanya berkarir di bidang industri yang membutuhkan pengolahan data seperti lembaga survei maupun lembaga statistik. Pada dasarnya pendidikan matematika dididik untuk mengajar matematika sedangkan matematika murni dididik untuk menerapkan ilmu matematika.

Udah kali yaa segitu dulu ajaa temen Lulusnegeri, semoga bermanfaat dan jadi ada minat masuk jurusan pendidikan matematika.

Kontributor Lulusnegeri,

Astarinis

Kategori: