Ini yang Perlu Kamu Temukan di Sekolah...

Hallo Teman Lulusnegeri..

Pendidikan yang kita terima baik di rumah maupun di sekolah bertujuan untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih berdaya, bukan sekedar menerima ilmu pengetahuan. Materi pelajaran yang guru-guru kita sampaikan adalah pengetahuan yang tentunya bermanfaat untuk kehidupan kita “jika” kita memahaminya dengan baik.

Tapi pernah nggak sih kalian berpikir apakah semua hal yang kita pelajari hari ini akan kita pergunakan di masa depan? Atau mungkin pertanyaan yang lebih sederhana, kenapa sih harus belajar matematika? Kimia? Sejarah? Emang pasti dipake ya di masa depan?

Oke.. kalian nggak sendiri. Pertanyaan sejenis itu sudah menjadi common questions dari zaman ke zaman.

Saya akui tidak semua “materi” yang diajarkan ketika kita sekolah akan kita aplikasikan di saat ini maupun masa depan dalam hidup kita, tapi bukan berarti itu menjadi alibi untuk tidak belajar dengan sungguh-sungguh yaa.. Justru ketika kita malas belajar karena beranggapan hal tersebut, itu menunjukkan ada yang salah dengan pola pikir kita. Semestinya kita tidak mencari pembenaran dari hal buruk yang kita lakukan. Don’t be a toxic learner!

Saya merasakan hal yang sama sejak saya duduk di Sekolah Dasar, tentu untuk memahami seluruh materi bukan hal yang mudah dan merasa “Penting dan tidak penting” mempelajari suatu mata pelajaran atau materi di sekolah. Namun, suatu hari saya ingin membuat shortcut untuk bisa mendapatkan nilai maksimal di semua pelajaran. Beberapa tahun saya mencari tahu bagaimana saya dapat memahami sesuatu dengan cepat, bagaimana metode belajar yang cepat dan tepat untuk saya.

Bagaimana caranya saya dapat nilai ujian bagus?

Pada saat itu, pertanyaan itulah yang menjadi perhatian saya. Ya sangat sempit, karena saat itu yang saya pahami adalah “Belajar di sekolah itu untuk dapat nilai ujian yang bagus”. That’s it.

Pada saat menginjak jenjang pendidikan tingkat SMA saya akhirnya menemukan dan menggunakan metode belajar terbaik untuk saya. Walaupun tidak bekerja maksimal di semua mata pelajaran namun bekerja di sebagian besar mata pelajaran. Saya bisa dapat nilai bagus dengan cara “instan” atau memahami sesuatu dalam waktu singkat :). Kelemahannya mungkin saya bisa mudah lupa jika tidak diaplikasikan secara terus menerus, tapi tidak masalah karena jika saya lupa dan memerlukannya saya bisa mempelajarinya kembali.

Namun, dari sini saya menyadari suatu hal yang jauh lebih penting dan bermakna nih teman-teman. Hal yang saya dapatkan dari hal itu dan TIDAK INSTAN, dan hal-hal semacam ini yang mungkin seharusnya menjadi fokus utama teman-teman semua dalam belajar di manapun.

Apa itu? Hal itu adalah skill terutama skill belajar, intisari dari pendidikan.

Contohnya seperti yang saya dapatkan tadi, yaitu skill untuk menemukan metode belajar (membaca, berlatih, dan mengingat) dalam memahami sesuatu. Walaupun “mudah ingat mudah lupa” Saya tau pola-pola dan metode yang tepat bagi saya untuk memahami sesuatu, mulai dari menentukan waktu belajar yang tepat, memilah prioritas informasi, hingga memasukkannya ke dalam kepala saya untuk saya hafalkan/pahami. Skill belajar ini saya pakai saat kuliah bahkan sampai saat ini setelah 4 tahun lulus dari perguruan tinggi, baik untuk mempelajari hal-hal baru, dalam pekerjaan, atau memahami suatu kasus dan mencari penyelesaiannya.

Itu hanya salah satu contoh skill yang harus kalian coba temukan dan latih selama perjalanan pendidikan yang bertahun-tahun ini. Contoh skill keterampilan belajar lainnya adalah skill observasi, menarik kesimpulan, beradaptasi, dan lain-lain. Skill semacam inilah yang akan teman-teman gunakan seumur hidup yang pada akhirnya membentuk pola pikir dan perilaku kita sebagai manusia. Skill ini akan tumbuh jika kita mengasah/melatihnya secara konsisten.

Ketika saya menyebutkan mengasah atau melatih itu artinya “do something” bukan lagi sekedar memasukkan pengetahuan atau informasi ke kepala teman-teman.. Bagaimana bisa kita ahli memasak jika hanya sekedar melihat video di Youtube tanpa mencoba memasak? Bagaimana bisa kita menjadi pengusaha sukses jika kita hanya sekedar membaca buku-buku tips hidup sukses tanpa mempraktikan apapun?

Jadi, dengan memahami skill apa yang sedang ditanamkan oleh guru-guru kita kemudian mengasahnya, kita akan lebih mudah juga terampil dalam menghadapi tantangan kedepannya, baik di pendidikan lebih tinggi, pekerjaan, ataupun bermasyarakat. Apalagi generasi kita ini dihadapkan dengan perubahan di dunia saat ini yang berjalan begitu cepat tentu skill menjadi sangat dibutuhkan sehingga kita tetap bisa bertahan dan bersaing dengan lingkungan.

Kondisi Pandemi COVID-19 ini menjadi bukti nyata perubahan dan persaingan yang semakin dinamis dan tidak terduga, yang dapat beradaptasi dengan cepat semakin maju dan yang lainnya semakin tertinggal. Saya berharap semua teman lulusnegeri menjadi pembelajar yang bijaksana dan mulai berfokus pada sesuatu yang membuat kita maju, bukan dengan pemikiran-pemikiran yang membuat kita semakin terbelakang.

Semangat terus teman lulusnegeri.



Kontributor Lulusnegeri,

Rifa Riskanti


Kategori: