Belajar Efektif Untuk Hasil Optimal

Cukup 2 jam saja bisa lolos PTN

Siapa sih yang ngga mau dapet nilai ujiannya tinggi? “ngga ada min!!! semuanya pasti pengen dapet nilai tinggi”

Apalagi semacam UTBK ini. Semakin tinggi nilai, maka kesempatan untuk tembus PTN otomatis semakin besar dan semakin banyak kemungkinan jurusan yang bisa dipilih. Akan tetapi,  tidak mudah mengeksekusi harapan menjadi kenyataan. Terlebih jaman sekarang dimana media sosial merajai “timeline” waktu kita, karena begitu menggoda untuk dipantau setiap saat. Niat belajar 1-2 jam, yang ada hanya mampu bertahan maksimal 30 menit. Bener kan? Hehehe.

Nah, sebelum lanjut membaca, kamu sudah baca artikel tentang jodoh PTN? Pasti sudahkan? Artikel kali ini mimin mau ngasih tips supaya belajar kalian bisa efektif, artinya bukanlah seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk belajar tetapi yang terpenting adalah seberapa banyak materi yang bisa kamu pahami bahkan kamu kuasai dalam waktu tertentu. Misalkan kamu sekarang mempunyai program waktu belajar selama 4 (empat) jam per hari, tetapi dari 4 (empat) jam  itu mungkin kamu hanya menguasai 2 materi aja. Menurut mimin, lebih baik waktu belajar kamu hanya 2 (dua) jam per hari tetapi materi yang dapat dikuasai bisa sebanyak 4-5 materi. Intinya adalah output yang bisa kita hasilkan, bukan proses yang kita jalankan. Teorinya begini, kalo kamu mempelajari ilmu statistika, ada lho yang disebut dengan kurva normal. Nah, dalam kurva tersebut ada yang disebut titik puncak. Maksud mimin begini, sebagai manusia kita punya keterbatasan tenaga dan pikiran yang mengakibatkan keterbatasan daya fokus kita. Semakin banyak waktu yang kita gunakan, tidak linier dengan semakin banyak ilmu yang diserap. Malah mungkin “ngehang”, mirip komputer.

Sekali lagi mimin tekankan bahwa tips belajar efektif ini adalah pengalaman pribadi mimin, bisa jadi berbeda dengan orang lain. Maka tugas kamu adalah menemukan pola belajar terbaik. Mimin coba rangkumkan secara umum supaya bisa berlaku untuk siapapun.

Tips Pertama, kamu harus punya setting goals apa aja materi yang ingin kamu kuasai sebelum belajar. Menurut mimin, gak punya setting goals adalah sebuah kesalahan umum yang basic banget terjadi. Materi UTBK itu tuh luas atau banyak banget (ini materi UTBK sebelum masa corona yah), kalo kamu ngga punya check list apa aja yang perlu kamu kuasai, yang ada malah kamu akan bingung sendiri. Panik sendiri, bergumam “wah ini belum dikuasai, itu belum dikuasai!”. Makanya tenang teman lulusnegeri. Supaya memberikan ketenangan, kamu buat checklistnya. Ini tuh ibarat kita nyetir mobil dan kita udah tau mau kemana. Nah, materi yang ingin kamu kuasai haruslah materi ujian yang sudah terbukti setiap tahun keluar di UTBK SBMPTN.

Tips Kedua, fokus menguasai materi yang ingin kamu kuasai. Kesalahan kedua yang sering banget mimin temui pada peserta SBMPTN yang gagal adalah mereka belajar, tetapi belajarnya hanya sebatas kulitnya saja. Misalnya nih, ada materi bilangan dan deret di matematika yang menjadi materi TPS. Tipe siswa yang gagal tuh, hanya mempelajari rumus-rumus tipe deret aritmatika aja, sedangkan tipe deret geometri ditinggalin. Mimin harap kamu bisa mengubah pola belajar yang cuma kulit itu, ganti mulai sekarang dengan pola menguasai sesuatu sampai melotok. Kamu harus tau banget pola deret aritmatika, tau cara nyari suku ke-n, tau nyari jumlah deret aritmatika, begitu juga untuk tipe deret geometrinya.

Supaya kamu tau menguasai apa ngga, kamu uji coba deh ngerjain soal-soal materi tertentu, jika sampai 50 soal kamu udah bisa tanpa harus nanya temen, nanya guru atau buka-buka buku lagi, menurut mimin itu udah masuk ke kategori “menguasai”. Dengan memahami sampai taraf menguasai, soal yang kaya gimanapun kamu pasti paham maksudnya dan tahu cara ngerjainnya. Setelah beres satu materi, baru kamu beralih ke materi lainnya.

Tips Ketiga, ciptakan suasana dan lingkungan yang memungkinkan kamu tidak terganggu. Tips pertama dan kedua sifatnya umum, artinya menurut mimin itu harus dilakukan oleh siapapun yang mau hasilnya optimal. Untuk tips ketiga ini sifatnya khusus atau personal banget. Setiap orang pasti berbeda. Suasana atau lingkungan yang mimin maksud tuh begini:

  • Mau belajar sendiri atau belajar bareng

  • Mau suasananya rame atau hening

  • Mau sambil dengerin musik atau ngga

  • Mau belajarnya di kamar sendiri atau ada ruangan khusus tertentu

  • Mau belajar siang-siang atau malam-malam, dst.

Suasana dan lingkungan disini dimaksudkan untuk menciptakan suasana yang rileks sehingga materi bisa masuk ke otak kamu. Banyak penelitian yang bilang kalo rileks adalah suasana yang paling optimal untuk belajar. Tentu dibanding suasana yang stress yang penuh tekanan. Kali ini wajib hindari sementara HP.

 

Demikian 3 (tiga) tips sukses belajar efektif untuk hasil optimal. Terakhir, sebelum belajar berdoa yang khusyuk terlebih dahulu. Oke, teman-teman lulusnegeri, semoga sukses belajarnya.

 

Kontributor LulusNegeri

Kategori: