Belajar budidaya tanaman dan teknologi di Jurusan Agroteknologi UNS

Halo Teman Lulusnegeri...

Saya Ibnu Zakaria, saya adalah salah satu mahasiswa Program S-1 Jurusan Agroteknologi Angkatan 2020, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kenapa sih milih jurusan Agroteknologi di Universitas Sebelas Maret (UNS)?

Saya memilih jurusan Agroteknologi karena memang saya suka belajar tentang biologi, dan saya juga suka mengamati tumbuhan. Setelah mencari tahu bagaimana jurusan agroteknologi, saya rasa ini jurusan yang cocok untuk saya.

Kenapa harus di UNS?

Pertama, UNS termasuk top 8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia (Webometrics, 2021). Kedua, kampus UNS berada di Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Kota Solo, Jawa Tengah, memangnya ada apa di Kota Solo?

Kota Surakarta atau Solo termasuk kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Dilansir jejakpiknik.com, biaya hidup mahasiswa di Kota Solo rata-rata perhari hanya mengeluarkan Rp 15.000 – Rp 30.000 saja, namun tentu saja tergantung gaya hidup setiap individu. Jika ingin hemat, Kota Solo sangat aman bagi mahasiswa yang ingin berhemat, begitu juga jika ingin hedon pun bisa. Untuk biaya tempat tinggal bagi mahasiswa, harga sewa kamar kost berkisar di harga Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000.

Ketiga, kebudayaan di Kota Solo terkenal masyarakatnya yang ramah-ramah, dan menjunjung tinggi nilai budaya. Saya rasa UNS sangat cocok bagi saya yang ingin berkuliah di PTN ternama dengan biaya hidup yang murah dan tentunya lingkungan yang nyaman.

Jurusan Agroteknologi mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman sesuai dengan prinsip pertanian yang jangka panjang. Para mahasiswa akan belajar bagaimana merencanakan dan merancang system produksi tanaman secara efektif. Cakupan bidang ini tidak terbatas pada penggunaan traktor, system pengairan dan pengolahan hasil pertanian saja, akan tetapi pada seluruh proses dan berbagai aspek dalam budidaya tanaman maupun ternak dan proses pengolahan hasilnya.

Kuliah di jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian bagi saya menyenangkan. Terdapat 10 mata kuliah di semester pertama, 4 mata kuliah umum, dan 6 mata kuliah jurusan. Jika kalian berkuliah di jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang tumbuhan di mata kuliah BOTANI.

Selain itu kalian juga akan belajar tentang ekonomi pertanian, sosiologi pedesaan, ilmu tanah, dan segala hal yang menyangkut tentang pertanian. Lebih lengkapnya mata kuliah jurusan agroteknologi UNS dapat dilihat di Mata kuliah jurusan Agreteknologi UNS.

Jurusan agroteknologi terkenal dengan laprak atau laporan praktikum. Iya, di semester 1 terdapat 4 mata kuliah yang memiliki praktikum dan pastinya harus menyusun laporan praktikum. Mahasiswa agroteknologi sudah tidak asing dengan, revisi laprak, laporan sementara, laporan jadi, responsi, dan sebagainya yang menyangkut dengan praktikum. Walaupun stress dengan laporan praktikum bahkan sampai sakit, tetapi percayalah hal-hal seperti itu yang sangat dibutuhkan di dunia perkuliahan agar setelah lulus kalian menjadi pribadi yang pantang menyerah.

UNS memiliki lingkungan kampus yang sangat nyaman untuk menunjang proses pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa, dengan banyaknya pohon-pohon yang rindang dan hijau. Dilansir greencampus.uns.ac.id, saat ini UNS mendapat julukan green campus atau kampus hijau yang ramah lingkungan. Kampus UNS juga memiliki danau yang terletak di fakultas pertanian. Selain ramah terhadap lingkungan, UNS juga ramah terhadap toleransi agama, dilansir republika.co.id, UNS merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki 6 tempat ibadah bagi umat beragama dalam kampus. Dengan ini UNS juga dijuluki ¬ Kampus Benteng Pancasila.

Basic yang mungkin harus dimiliki calon mahasiswa untuk memasuki jurusasn agroteknologi yaitu biologi dan kimia. Selain itu, mahasiswa agroteknologi juga dituntut untuk bisa bekerja di lapangan atau lahan pertanian. Terlepas dari itu semua, asalkan kalian niat dan tekun pasti bisa mengikuti perkuliahan di jurusan agroteknologi.

Saat akan memilih jurusan, tentunya calon mahasiswa memikirkan apa prospek karier/kerja di jurusan yang akan dipilih. Prospek kerja jurusan agroteknologi sangat luas, di antaranya seperti pengajar ilmu agricultural, manajer pembibitan dan rumah kaca, ahli konservasi tanah dan air, dokter naturopathic, manager pertanian dan peternakan, peneliti tanah dan tumbuhan, ahli teknik pertanian dan masih banyak lainnya.

Sekian sedikit pemaparan mengenai kuliah di Jurusan Agroteknologi Universitas Sebelas Maret, semoga calon mahasiswa baru yang membaca ini akan tertarik berkuliah di jurusan dan PTN yang sama dengan saya. Terimakasih..



Kontributor Lulusnegeri,

Ibnu Zakaria


Kategori: