Bahasa Panda?

Buat yang penasaran gimana sih cara ngerjain soal yang bahasa Panda ini? Cekidot!!

Hai teman lulusnegeri! Ketemu lagi nih sama saya. Kali ini saya akan sharing tentang bahasa yang lagi happening banget nih karena “katanya” muncul di UTBK. Bahasa apa coba? Yup, bahasa Panda, bukan bahasa beruang atau buaya ya :D . Sebenernya Bahasa Panda ini masuk kedalam kategori koding/sandi/kriptografi.  Kalo kamu suka nonton film sains fiksi semacam da vinci code atau komik detektif conan, pasti akan tertantang dengan soal dengan tipe ini. Sangat menguji nalar, hehe.

Ada beberapa jenis sandi yang akan saya bahas, yaitu:

1.        Menggunakan Sandi Caecar atau Sandi Geser

Sandi Caesar atau Geseran Caesar adalah salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan paling terkenal. Sandi ini termasuk sandi substitusi dimana setiap huruf pada teks terang (plaintext) digantikan oleh huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet. Misalnya menggunakan pergeseran tiga huruf, A akan menjadi D, B menjadi E, dan seterusnya. Nah pergeseran ini bisa maju ataupun mundur ya. Perhatikan contoh berikut:

a)    Jika "COVIT" ditulis sebagai "FRYLW" maka kata yang ditulis sebagai "SHDUO" adalah ....

Untuk menjawab soal ini kalian perhatikan dulu pergeserannya, pada soal huruf C digantikan oleh huruf F (bergeser maju 3). Berarti huruf S adalah pengganti untuk huruf P, huruf H pengganti huruf E, huruf D pengganti huruf A, huruf U pengganti huruf R, dan huruf O pengganti huruf L. Sehingga kata "SHDUO" akan terbaca "PEARL".

b)     Jika "JOSEPH" ditulis sebagai "FKOALD" maka "GEORGE" ditulis sebagai .... Perhatikan huruf  J diganti dengan huruf F (bergeser mundur 4). Jadi huruf G diganti huruf C, huruf R diganti N, sehingga "GEORGE" dapat ditulis sebagai "CAKNCA" (huruf yang lain tidak usah dicari karena sudah ada pada keterangan).

2.        Menggunakan Pencerminan Alfabet

Misal huruf A diganti  huruf Z, huruf B diganti huruf Y, huruf C diganti huruf X. Contoh jika "TABLE" ditulis sebagai "GZYUV" maka "JUICE" ditulis sebagai .... Untuk menjawab soal ini, kita perhatikan pencerminan alfabetnya, huruf T diganti huruf G, huruf A diganti huruf Z, dan seterusnya. Jadi kita tinggal urutkan saja alfabet dari A sampai Z dan lihat pencerminannya. J diganti Q, U diganti F, I diganti R, C diganti X dan E diganti V, sehingga kata "JUICE" bisa kita ganti dengan "QFRXV".

Teman lulusnegeri juga bisa mengubah huruf tersebut menjadi bilangan terlebih dahulu A=1, B=2, C=3 dst, jika kita menggunakan bilangan huruf asal dengan penggantinya akan berjumlah 27. Bentuk ini juga bisa divariasikan, misal ketentuannya jumlah huruf asal dan huruf pengganti sama dengan 26.

3.        Menggunakan Pengulangan Kata

Kata yang digunakan disusun berulang-ulang dan disusun kembali dengan pergeseran tertentu. Contoh, jika kata "ADVENTURE" ditulis sebagai "AEUAEUAEU" maka kata "MAGICAL" ditulis sebagai .... Perhatikan perubahan kata adventure menjadi aeuaeuaeu, disana kita tidak menggunakan Pergeseran Caecar ataupun Pencerminan Alfabet, tetapi kita mengulang kata adventure sebanyak 3 kali (jarak antara huruf pertama dan kedua A diganti A, sedangkan D diganti E). Kita tulis ulang (a)dv(e)nt(u)re(a)dv(e)nt(u)re(a)dv(e)nt(u)re sehingga diperoleh aeuaeuaeu. Lakukan pola yang sama untuk kata magical, yaitu (m)ag(i)ca(l)ma(g)ic(a)lm(a)gi(c)al sehingga diperoleh kata milgaac. Jadi kata "MAGICAL" bisa diganti dengan "MILGAAC". Ini hanya salah satu contoh saja ya, soal lainnya bisa bervariasi tergantung pengulangannya.

4.        Menggunakan Huruf Apit

Pergantian huruf asal oleh dua huruf yang mengapitnya. Contoh jika kata "diamond" ditulis sebagai "CEHJZBLNNPMOCE" maka kata "EMERALD" bisa kita ganti dengan .... Ehmmm kok bisa ya yang asalnya hanya ada 7 huruf bisa jadi 14 huruf. Jika teman lulusnegeri menemukan soal seperti ini, satu huruf pada kata asal diganti menjadi dua huruf, tinggal kita perhatikan polanya. D diganti dengan CE (CDE huruf D diapit oleh huruf C dan E), I diganti HJ, A diganti ZB dan seterusnya. Berarti kita tinggal ganti saja E dengan DF, M dengan LN, R dengan QS, dan L dengan KM. Sehingga kata "EMERALD" bisa kita ganti dengan "DFLNDFQSZBKMCE"

5.        Menggunakan Bahasa Panda

Bahasa yang baru pertama kali kita baca atau dengar. Pada dasarnya mengerjakan bentuk soal seperti ini sama saja seperti kalian belajar bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Pasti ada pola tertentu dan tatabahasanya. Contoh:

a)      Perhatikan data bahasa berikut

(1) throk = seekor ikan

(2) stvak = seekor camar

(3) throkk = ikan-ikan

(4) stvak mthroke jtver = camar memakan ikan

Berdasarkan data di atas bagaimana cara mengatakan "ikan-ikan memakan camar"  dengan menggunakan bahasa tersebut?

Untuk menjawab soal ini, teman lulusnegeri perhatikan pernyataan (4) dan pertanyaan, mirip kan kalimatnya? Hanya ditukar antara subjek dan objek nya saja, sekarang kita lihat perubahan "throk" menjadi "mthroke", terdapat penambahan huruf diawal dan diakhir kata yaitu m dan e, pada pernyataan (4) ikan adalah objek. Jadi imbuhan m dan e ini sebagai penanda objek. So, kita tinggal balik saja objek dan subjek nya serta tambahkan imbuhan m dan e pada  objek yaitu "stvak" menjadi "mstvake" , karena subjeknya jamak kita pakai "throkk" sehingga diperoleh bentuk "throkk mstvake jtver"

b)      Perhatikan data bahasa berikut

(1) ying yong tsung = disini sepi

(2) ying yong tseng lang =  disana juga sepi

(3) yung yong tsung = disini ramai

(4) tsang = dimanapun

Maka pernyataan "yung yong tsang lang" artinya ....

Untuk menjawab soal di atas, kita perhatikan informasi yang kita miliki, dari pernyataan (1), (2) dan (3) kita ketahui bahwa: ying yong = sepi, yung yong = ramai, tsung = disini, tseng = disana, lang = juga. Sehingga kita bisa menerjemahkan pernyataan "yung yong tsang lang" sebagai  "dimanapun juga ramai".

Apakah hanya segitu aja pola nya? Ada bentuk lain ngga? Pasti teman lulusnegeri mencetuskan pertanyaan seperti ini kan??? Jawabannya masih banyak pola lainnya tergantung darivariasi dan modifikasi soal yang dibuat. Tapi logika nya bisa dicontoh dari soal-soal di atas. Mau tahu gimana cara mengerjakan soal dengan tipe di atas? 

Setelah kalian paham dengan berbagai kategori koding/sandi/kriptografi, sekarang saya akan ngasih teman lulusnegeri tips and tricks gimana sih cara mengerjakan soal bentuk di atas. Simak ya

1.      Pahami benar informasi yang diberikan pada soal. Baca dengan baik petunjuk atau aturannya.

2.    Tuliskan terlebih dahulu alfabet secara lengkap dan konversinya dalam bentuk bilangan (jika diperlukan). Supaya kalian tidak perlu menuliskan kembali pada setiap soal. Lumayan bisa menghemat waktu pengerjaan.

3.    Perhatikan bentuk soal. Jika bentuk soal mirip dengan yang diketahui, teman lulusnegeri cukup otak atik perbedaannya saja seperti pada contoh bahasa panda. Tidak perlu diterjemahkan semua atau kata perkata.

4.    Fokuskan mencari atau menerjemahkan informasi yang berhubungan dengan soal saja, supaya pengerjaannya lebih efisien dan cepat. Kadangkala pembuat soal suka iseng memberikan informasi pengecoh yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau tidak relevan dengan soal (supaya kalian lama ngerjainnya.

5.    Perhatikan opsi jawaban, jika antara opsi yang satu dengan yang lainnya sangat berbeda susunan huruf atau kombinasinya, teman lulusnegeri cukup menerjemahkan beberapa huruf atau kata saja. Ini akan menghemat waktu pengerjaan soal.

6.   Jika huruf/kata pada opsi jawaban sangat berbeda dengan yang terdapat pada soal, kemungkinan cara yang dipakai adalah pergeseran atau pencerminan.

7.    Jika huruf penyusun kata pada opsi jawaban sama atau bagian dari huruf penyusun kata pada soal, kemungkinan cara yang dipakai adalah pengulangan.

8.    Teman lulusnegeri bisa mengubah huruf ke dalam bilangan, karena ada beberapa pola pergeseran atau pencerminan yang mengikuti pola barisan bilangan. Ini akan memudahkan teman lulusnegeri dalam mengerjakan soal tersebut. Kebayang kan kalau kalian harus mengeja alfabet berulang-ulang  atau menuliskannya terus menerus.

9.     Selalu berpikiran simpel, kreatif dan terbuka akan semua kemungkinan,  ingat dalam menyelesaikan soal seperti ini yang diperlukan adalah penalaran dan pemahaman akan bentuk pola dan aturan.

10.  Jangan mudah menyerah, jika setelah menggunakan pola yang satu belum dapat hasilnya, gunakan pola yang lain. Ingat pergerakannya dari simpel ke kompleks ya.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk teman lulusnegeri. Selamat mempraktikan dan semoga sukses.

Perlu diingat bahwa kalian jangan terpaku pada soal ini saja, ingat tips pengerjaan soal TPS secara keselurahan yang pernah saya share pada artikel “Kisi-kisi PK TPS UTBK 2020”, maksimalkan waktu yang kalian miliki. Selamat berjuang bagi yang akan menempuh ujian esok hari dan selamat melanjutkan perjuangan bagi yang sudah melaksanakan UTBK.

Kontributor Lulusnegeri,

Ika Citra W

 

Kategori: